Anggota TNI Angkatan Laut Dampingi SMK Wira Bahari Saat MPLS

oleh Rizky Setiawan 320

Jakarta - Menjadi tradisi sekaligus penyambutan peserta didik baru, program Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) juga diselenggarakan di SMK Wira Bahari. Kegiatan akan dilaksanakan selama 3 hari yakni sejak Senin (16/07) hingga Rabu (18/07).

Sebagai sekolah berbasis semi militer, pemandangan MPLS di SMK Wira Bahari sedikit berbeda dengan beberapa sekolah menengah kejuruan atau sekolah menengah atas lainnya. Latihan fisik juga dilangsungkan sebagai salah satu program MPLS.

Demikian disampaikan Kepala SMK Wira Bahari, Pahing ST, Senin (16/07). “Sebenarnya secara umum kegiatan MPLS tetap sama dengan sekolah-sekolah lain, karena panduannya juga langsung dari dinas. Tapi mungkin yang agak berbeda adalah karena kami menghadirkan Anggota Militer Angkatan Laut, yaitu Pak Pulung sebagai pelatih,” tegasnya.

Diceritakan, memiliki jurusan Nautika atau Perkapalan, menjadikan pihaknya harus melatih para siswa secara fisik. “Karena sekolah kami ini sifatnya semi militer, jadi tetap ada latihan fisik rutin. Nah di kegiatan MPLS ini para peserta didik baru juga mulai disiapkan,” ujar pria yang akrab disapa Pak Pahing ini.

Latihan fisik tersebut rupanya juga telah menjadi tuntutan bagi para siswa sebelum nantinya terjun kedalam dunia kerja. “Jadi untuk anak-anak terutama yang ingin bekerja di Jepang, memang ketahanan fisik itu jadi syarat penting,” kata dia.

Untuk mempersiapkan beberapa hal terkait kegiatan selama pendidikan maupun pasca pendidikan, pihaknya rutin menggelar latihan fisik rutin seperti lari, push up, dan jenis-jenis olahraga lainnya.

Kendati mewajibkan para siswanya untuk giat melatih ketahanan fisik, kegiatan MPLS yang digelar di SMK Wira Bahari tidak mengandung unsur kekerasan atau perpeloncoan. Seluruh kegiatan murni untuk melatih kedisiplinan serta mengasah kreativitas siswa.

 

Sumber : Radarpekalongan.co.id

Beri nilai konten ini  
Responsive image