Libur Pilkada, SMA negeri Siagakan Petugas Piket PPDB di Sekolah SMK Libur

oleh Pretty Pangaribuan 140

SURABAYA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menetapkan hari Pilkada Serentak 2018, Rabu (27/2018), sebagai hari libur nasional. Hal ini sesuai Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 15/2018.

Keppres ini mengatur tentang Hari Pemungutan Suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2018 sebagai Hari Libur Nasional.

Meski libur Pilkada Serentak, SMA negeri di Surabaya memutuskan untuk tetap membuka layanan untuk Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).

Salah satu kepala SMA negeri yang enggan disebut namanya mengungkapkan keputusan tetap memberikan layananselama pilkada diambil bersama Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA negeri.

"Kami bentuk piket, jadi guru atau pegawai yang piket tetap bisa memberikan suaranya untuk pemilihan," ujarnya dikonfirmasi SURYA.co.id ,Selasa (26/6/2018).

Menurutnya, operasional sekolah juga akan dikurangi, yaitu mulai pukul 08.00 WIB hingga 12.00 WIB.

Sementara itu, Ketua MKKS SMK negeri, Bahrun, mengungkapkan SMK negeri memutuskan meliburkan layanansesuai surat edaran yang diberikan Dindik Jatim.

"Lagi pula yang datang ke sekolah dalam dua hari ini tidak sampai 15 orang," tukas Bahrun.

Menurutnya, waktu pendaftaran PPDB juga masih bisa dilakukan pada tanggal 28 Juni. Kalaupun mendaftar tanggal 27 Juni juga bisa dilakukan tanpa ke sekolah.

Hal serupa diungkapkan Kepala UPT Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan (TIKP) Dindik Jatim, Ema Sumiarti, yang menyatakan pelayanan akan diliburkan selama Pilkada.

"Layanan online tetap berjalan, cuma yang di kantor libur. Sekolah juga libur," imbuh Ema.

Kendati demikian, lanjut EMa, sekolah tetap bisa memberikan layanan jika memang inisiatifnya sendiri atau MKKS.

Ema menuturkan prediksi puncak pendaftaran SMA/SMK negeri secara online akan berlangsung pada hari terakhir. Karena itu, pihaknya telah mengantisipasi dengan sistem yang mencukupi.

“Kalau ada 40.000 pendaftar online secara bersamaan sistem kami masih mampu menampungnya,” pungkas Ema.

Sumber : Surya.co.id

Beri nilai konten ini  
Responsive image