Pramuka SMK Farmasi Saraswati 3 Denpasar Turun Ke Masyarakat Gelar Bakti Lingkungan

oleh Pretty Pangaribuan 490

BALI – Demi terwujudnya lingkungan bersih. Anggota Gerakan Pramuka SMK Farmasi Saraswati 3 Denpasar gelar kerja Bakti di Pura Erjeruk Sukewati Gianyar, Minggu, (27/05/2018). Kerja bakti tersebut sebagai bentuk kepedulian Anggota Pramuka kepada masyarakat yang tertuang pada Dasa Darma Pramuka yaitu Cinta Alam dan Kasih sayang sesama manusia serta wujud implementasi kosep Tri Hita Karana.

Pembina Pramuka Kak Rudianto mengatakan kerja bakti tersebut digelar untuk menjaga lingkungan Pura tersebut dan sekaligus sebagai bentuk pengamalam dasa darma pramuka, kepada masyarakat di Kecamatan sukewati. Dalam kerja bakti tersebut Pramuka Farmasi kerahkan 180 pramuka penegak untuk Kerja Bakti.

“Kerja bakti tersebut bertujuan untuk membina hubungan atau sinergitas antara Pramuka dengan masyarakat, dalam rangka menciptakan lingkungan yang bersih,” ucap Kak Rudianto selaku pembina Pramuka.

Kegiatan yang berlangsung selama setengah hari ini dipantau langsung oleh Pakaseh Subak Gede Pura Erjeruk Sukewati. Kak Drs. Made Sukaidep yang hadir sekaligus terlibat langsung dalam aksi ini. Sebagai pakaseh, saya sangat mengapresiasi aksi bakti lingkungan diarea pura erjeruk sukewati ini.

Lanjut Kak Made Sukaidep, menyampaikan bahwa pura ini di-empon sekitar 700 kepala keluarga. Sebagian besar dari mereka adalah warga subak yang bermata pencaharian dengan bercocok tanam

Tanaman yang mendapat perhatian khusus dari daerah ini adalah pohon tembakau. Tanaman yang hidup dipesisir pantai ini telah menjadi sorotan tidak hanya dari pihak pemerintah tingkat I namun juga menjadi kajian khusus dari pemerintah pusat.

Pada awalnya lahan subak dari pengempon Pura Erjeruk adalah seluas 1200 hektar namun seiring perkembangan jaman dan maraknya pembangunan disekitarnya, sampai saat ini sudah menyusut menjadi 700 hektar. Dari jumlah tersebut, terdapat 300 subak yang dibagi menjadi 3 kelompok, katanya.

Sedangkan Kak I Ketut Adi Putra Sentana selaku Ketua Sangga Kerja menjelaskan pelaksanaan kegiatan ini dalam rangka mengimplementasikan kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tentang Ekstrakurikuler pada Pendidikan Dasar dan Menengah, dan dalam rangka Implementasi Kurikulum 2013. Serta SK Kwarnas No 198 Tahun 2011 tentang Syarat Kecakapan Umum Pramuka Penegak, dengan Syarat Kecakapan Umum (SKU) Pramuka Penegak Bantara terdiri atas 23 butir ujian dengan salah satunya butir 9 Telah ikut aktif kerja bakti di masyarakat.

Adapun tema dari kegiatan bakti lingkungan ini pembentukan karakter kaum muda melalui bakti lingkungan wujud implementasi cinta alam dan kasih sayang sesama manusia. Kegiatan diawali dengan persembayangan bersama dipura erjeruk yang di puput oleh Jero Mangku Ida Bagus Putra Adnyana serta penyerahan tong sampah kepada pakaseh paparnya. 

Sumber : pramukapos.com

Beri nilai konten ini  
Responsive image