SMK Muhammadiyah 3 Metro Raih Sertifikat Lisensi LSP BNSP

oleh Pretty Pangaribuan 734

BANDAR LAMPUNG (Lampost.co) -- SMK Muhammadiyah 3 Metro meraih sertifikat lisensi sebagai lembaga sertifikasi profesi pihak pertama dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Penyerahan dilakukan di kantor BNSP Jakarta, dua hari lalu.

Kepala SMK Muhammadiyah 3 Metro, Khoeroni kepada Lampost.co, Kamis (25/5/2018) mengatakan dengan meraih sertifikat lisensi dari BNSP, SMK Muhammadiyah 3 Metro mempunyai tugas mengembangkan standar kompetensi, melaksanakan uji kompetensi, menerbitkan sertifikat kompetensi, dan melakukan verifikasi tempat uji kompetensi.

Menurut dia, dalam pelaksanaan tugas dan fungsi sebagai lembaga sertifikasi profesi, pihaknya akan mengacu pada pedoman yang dikeluarkan BNSP, yaitu pedoman BNSP 201, BNSP 202, dan BNSP 210. Menurutnya, pedoman tersebut untuk menjamin dalam menjalankan sistem sertifikasi pihak pertama agar berjalan profesional dan konsisten.

“Meraihnya sertifikat lisensi dari BNSP pusat kepada sekolah kami, tentunya menjadi kebanggaan dan motivasi tersendiri dalam meningkatkan mutu pendidikan kepada peserta didik yang berkualitas sesuai harapan pemerintah dan masyarakat,” ujar dia.

Ia mengatakan, sertifikat lisensi yang dikeluarkan BNSP itu berlaku selama tiga tahun atau hingga Februari 2021 mendatang. Menurutnya, selama itupula pihaknya akan melakukan uji kompetensi terhadap sejumlah siswa di tempatnya dan sekolah rujukan lainnya, agar lulusan memiliki sertifikasi sebagai bekal memperoleh pekerjaan.

“Kalau lulusan sekolah kejuruan memiliki sertifikasi dari lembaga yang bersertifikasi, maka lulusan dengan mudah memperoleh pekerjaan di dunia usaha dan dunia industri, baik itu di dalam maupun di luar negeri,” kata dia.

Sumber : lampost.co

Beri nilai konten ini  
Responsive image