MKKS SMK Lampung Evaluasi Sistem LKS SMK BANDAR LAMPUNG

oleh Pretty Pangaribuan 292

(Lampost.co) – Musyawarah kerja kepala sekolah (MKKS) SMK Lampung, akan mengevaluasi sistem dan persiapan sekolah dalam menghadapi lomba kompetensi siswa (LKS) SMK di tingkat nasional. 

Hal ini dikatakan Sekretaris MKKS SMK Lampung, Moh Edy Harjito kepada Lampost.co, Senin (14/5/2018), pasca sejumlah SMK di Lampung mengikuti LKS SMK di Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat pada pekan kemarin.

Menurut Edy, dari 33 siswa di 33 SMK di Lampung dengan sejumlah program keahlian yang mengikuti LKS, hanya satu sekolah yang berhasil membawa medali perak bagi Lampung, yakni SMK Muhammadiyah 3 Metro, pada dibidang lomba Farmasi. 

Edy mengatakan, keberhasilan yang telah dicapai tersebut perlu dievaluasi kembali, mengingat jumlah peserta yang mengikuti LKS SMK ke tingkat nasional dan menjadi juara tidak sesuai harapan. 

“Hanya SMKM 3 Metro yang menjadi juara pada LKS nasional di Lombok kemarin. Ke depan persiapan untuk mengikuti lomba ke tingkat nasional harus lebih baik lagi, agar peserta yang lomba dapat lebih banyak menjadi juara,” ujar Edy. 

Edy menerangkan, faktor minimnya SMK di Lampung mendapatkan juara pada LKS di nasional karena kurangnya persiapan dan latihan siswa dalam menghadapi lomba. Menurut dia, hanya dua pekan siswa mengikuti latihan sebelum diberangkatkan mengikuti lomba di tingkat nasional. 

“Kemarin siswa belajar hanya dua minggu saja sebelum ikut LKS di tingkat nasional dari lomba tingkat provinsi yang digelar di kota Metro. Mungkin karena keterbatasan waktu belajar, sehingga juara belum berpihak ke SMK di Lampung,” ujar Edy. 

Menurut Edy, waktu ideal untuk siswa berlatih adalah enam bulan sebelum diberangkatkan mengikuti LKS ke tingkat nasioal. Ia mengatakan, waktu enam bulan tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik oleh siswa untuk belajar bersama pelatih. 

“Kalau yang ikut LKS pekan kemarin dari sejumlah provinsi, rata-rata persiapan enam bulan setelah lomba tingkat provinsinya. Mungkin ke depan kami akan musyawarahkan kembali mengenai teknis persiapan mengikuti lomba hingga ke tingkat nasional,” kata dia.

Sumber : Lampost.com
 

Beri nilai konten ini  
Responsive image