Cetak Lulusan SMK Siap Kerja Melalui Kegiatan Workshop Kebekerjaan

oleh Pretty Pangaribuan 957

MATARAM - Selain menyelenggarakan Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) tingkat nasional 2018, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) RI juga akan menggelar Workshop Kebekerjaan pada tanggal 9 Mei 2018.

Pelatihan ini dilaksanakan bertujuan mengenalkan anak-anak muda Indonesia yang tengah berproses dan diharapkan mampu bersaing menghadapi era ekonomi digital. Generasi muda millenial ini juga nantinya akan diperkenalkan kepada pasar digital oleh kepala dan guru SMK dalam rangka menjalankan Revolusi Industri 4.0.

Kegiatan ini diharapkan pula dapat memberikan peluang kepada siswa SMK untuk memasarkan produknya sebagai potensi lokal melalui pasar digital, serta memberikan peluang kerja sama antara SMK dengan pasar digital.

Di samping kegiatan Workshop Kebekerjaan yang berlangsung di sela LKS-SMK, juga ada kegiatan Job Matching yang dihelat pada 7-10 Mei. Kegiatan ini bertujuan mempertemukan tamatan SMK dengan dunia usaha dan dunia industri yang memerlukan tenaga kerja tingkat menengah.

Selain itu juga memberi peluang saling berinteraksi antara tamatan SMK untuk menawarkan kompetensi yang dimiliki kepada dunia usaha dan dunia industri yang memerlukan tenaga kerja, meningkatkan wawasan tamatan SMK tentang peluang kerja di dunia usaha dan dunia industri, serta meningkatkan keterserapan lulusan SMK di dunia kerja.

Dalam pelaksanaan LKS-SMK tingkat nasional ke-26 Tahun 2018 juga disediakan pojok literasi yang menjadi wahana sosialisasi gerakan literasi sekolah. Pada pojok literasi itu disediakan informasi tentang gerakan literasi sekolah sekaligus tempat memamerkan karya siswa dari SMK yang telah mengimplementasikan gerakan literasi sekolah di SMK, di antaranya pembuatan pojok baca, culinary literacy, buku karya siswa SMK maupun yang lainnya.

Sumber : news.okezone.com

Beri nilai konten ini  
Responsive image