SMKN 23 Pademangan Raih Juara Aspira SMK Sales Award 2018

oleh Pretty Pangaribuan 677

NOVI Susanti (18) dan Ulyah Kumalasari (17) menjadi yang terbaik dalam ajang Aspira SMK Sales Award 2018 yang digelar di Auditorium PT Astra Otoparts, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Kamis (19/4/2018).

Mereka bersama ketiga teman lainnya mewakili SMKN 23 Pademangan, Jakarta Utara untuk menjadi pemenang dengan menyingkirkan sembilan sekolah finalis lainnya yang berasal dari seluruh Indonesia.

Padahal jurusan pemasaran sejatinya bukan pilihan utama kedua gadis itu. Semua berawal dari keinginannya masuk jurusan Akuntansi yang tidak bisa menjadi kenyataan hingga akhirnya beralih ke Pemasaran.

“Awalnya orangtua pengennya akuntansi tapi karena rendah, jadinya pemasaran. Ya udah gapapa, kan aku juga sudah passion,” ucap Novi, Kamis (19/4/2018).

Pilihannya tersebut kini membuahkan hasil. Anggota Tim Radix Victoria itu berhasil mengalahkan lebih dari 300 tim peserta. Novi dan kawan-kawan mampu meraih omset Rp 70 juta, jauh dari target yang ditentukan pada tahap kedua yakni Rp 3 juta.

“Alhamdulillah menang. Ini semua berkat kerja keras tim. Tahap kedua kami genjot pemasaran dengan cara memberikan gimmick kepada konsumen, salah satunya potongan harga,” kata Ulyah semangat.

Dengan pencapaian itu, siswa Kelas XII tersebut tidak lagi perlu bersusah payah untuk mencari pekerjaan selepas lulus sekolah. Pasalnya mereka telah lebih dahulu direkrut perusahaan ternama milik sang mentor.

“Karena juara dalam ajang ini, kami sudah direkrut oleh mentor kami yang kebetulan owner perusahaan. Jadi setelah lulus nanti, kami langsung bekerja,” ucapnya.

Sementara itu Program Director SMK Sales Award Dedy Budiman mengatakan saat ini banyak siswa SMK jurusan pemasaran yang masih dipandang sebelah mata oleh banyak perusahaan. Mereka justru lebih memilih dari jurusan lain seperti marketing.

“Ketidakpercayaan tersebut disebabkan ketidaksesuaian dengan materi pendidikan dengan dunia usaha. Perusahaan menganggap mereka nggak kompeten. Perusahaan mana mau anak SMK, nggak bisa jualan,” kata Budy.

Untuk itu pihaknya menggelar ajang SMK Sales Award yang sudah berjalan selama dua tahun terakhir. Sehingga kemampuan siswa SMK yang selama ini dipandang sebelah mata oleh perusahaan, dapat membuktikan bahwa mereka bisa berjualan.

“Melihat hasilnya sungguh mengejutkan, perusahaan sekarang berebut merekrut siswa SMK jurusan pemasaran untuk jadi karyawan. Sehingga nantinya jurusan pemasaran tidak lagi dianggap remeh dibanding jurusan lainnya seperti akuntasi,” ucapnya.

Sekadar informasi, selain SMKN 23 Jakarta yang menjadi pemenang pertama, ada SMK PGRI 5 Jember, Jawa Timur dan SMKN 1 Pekanbaru, Riau yang berturut-turut sebagai juara kedua dan ketiga.

Masing-masing pemenang mendapatkan piala dan uang pembinaan yang jumlahnya bervariasi. Mereka juga berkesempatan besar bekerja pada perusahaan ternama usai lulus sekolah nanti.

Sumber : tribunnews.com

Beri nilai konten ini  
Responsive image