SMK PP N 1 Tegalampel Bondowoso Pencetak Jiwa Entrepreneur

oleh Apriliyadi 382

BONDOWOSO, (suaraindonesia.co.id) - SMK Pertanian Pembangunan  Tegalampel,Bondowoso tidak hanya berorientasi pada penciptaan siswa yang siap bersaing di dunia usaha saja. Sekolah tersebut juga mencetak siswa berjiwa entrepreneur.  

Tujuannya, agar lulusan SMK Tegalampel yang tidak dapat melanjutkan kuliah dan diterima bekerja di suatu perusahaan, dapat mengembangkan jiwa kewirausahaannya  di sektor agrobisnis atau pertanian. 

Kepala SMK PP N 1 Tegalampel, Anik Sudiartini, M.Pd mengatakan, pendidikan wirausaha atau entrepreneur sudah ditanamkan SMK Tegalampel, sejak siswa kelas X atau saat baru masuk. ”Kami memberikan pemahaman dan motivasi kepada para siswa bahwa berwirausaha baik. Karena, menjadi wirausaha membuat orang kreatif dan produktif serta tidak kalah dengan orang bekerja pada dunia usaha atau industri,” katanya.

Selain itu, lanjut Anik,  berwirausaha memiliki beberapa nilai lebih. Salah satunya adalah memberikan peluang bagi para lulusan SMK PP N 1 Tegalampel untuk menjadi pengusaha di sektor agrobisnis atau usaha pertanian.  ”Asal, mereka serius dan bekerja keras menekuni usaha agrobisnis yang dipilihnya, serta tidak mudah menyerah,” imbuhnya.  

Karena, jika lulusan SMK PP N 1 Tegalampel berkomitmen memilih wirausaha di bidang agrobisnis, dia yakin usaha agrobisnisnya akan meraih kesuksesan dan mampu berdaya saing di pasaran. 

  Karena itu, dalam menanamkan jiwa wirausaha, menurut  peraih penghargaan I Nasional kasek SMK Inspiratif ini, siswa tak hanya diajarkan teori saja. Tapi, juga mempraktekkan teori dengan budidaya tanaman hortikultura secara organik dan mengolahnya  produk makanan dan minuman ringan yang dipasarkan sendiri oleh siswa. ”Seperti mengajarkan siswa budidaya bunga rosela di lahan sekolah, yang kemudian diolah menjadi makanan minuman ringan tanpa pengawet, ” ujarnya.

Bahkan, sirup kemasan minrose bikinan SMK Tegalampel, kini laku di pasaran. Karena, siswa tidak hanya melayani pembeli minuman kemasan minrose di koperasi sekolah dan car free day alun-alun Bondowoso saja. Tapi, juga harus memenuhi pesanan dari instansi pemerintahan dan swasta di Bondowoso serta luar kota. ” Harapan kami, ilmu wirausaha yang didapat di sekolah, ini nantinya bisa diterapkan oleh lulusan SMK PP N 1 Tegalampel dengan berwirausaha agrobisnis di bidang pertanian yang sukses, mandiri, dan menciptakan lapangan kerja baru,” kata Anik.

Reporter : Wahyu Saputra
Editor : Farhan Jordan

 

 

Sumber: suaraindonesia.co.id

Beri nilai konten ini  
Responsive image