Revitalisasi SMK di Bengkulu Dongkrak Kualitas Lulusan

oleh Apriliyadi 826

Bengkulu, Klikwarta.com - Plt Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah buka Focus Group Discussion (FGD) Implementasi Inpres No. 9 Tahun 2016 tentang Revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Provinsi Bengkulu Dalam Bentuk Kegiatan Sinkronisasi Kurikulum SMK dengan Dunia Usaha/Dunia Industri (DUDI) di Gedung Serba Guna Pemprov Bengkulu (29/03/2018). 

Demi menciptakan lulusan yang memiliki kompetensi serta berkarakter yang kuat sesuai kemajuan jaman dan tuntutan Dunia Usaha/Dunia Industri (DUDI). Focus Group Discussion (FGD) bertujuan menyamakan persepsi antara pelaku dunia usaha dan dunia pendidikan saat ini. 

"Diskusi ini diharapkan dapat menjadi jalan untuk penyatuan pemahaman satuan pendidikan dengan pelaku dunia usaha, Dinas Pendidikan yang merupakan unsur pelaksana urusan pemerintahan bidang pendidikan diharapkan menghasilkan lulusan yang berkualitas sesuai dengan kebutuhan dari kemajuan jaman saat ini. Hal ini dapat dicapai dengan adanya peningkatan kualitas Kuriulum. Dalam meningkatkan kualitass kurikulum sendiri maka  perlu adanya masukan dari para pelaku dunia usaha dan Industri", terang Budiman Ismauan selaku Kepala Dinas Pendidikan Provinsi saat memberikan kata sambutan. 

Sementara itu Plt Gubernur Provinsi Bengkulu Rohidin Mersyah menginginkan pelaksana dunia pendidikan yakni SMK yang ada di Provinsi Bengkulu agar memfokuskan dalam bidang yang menjadi keunggulan masing-masing Sekolah. 

"Tak bisa di pungkiri bahwa saat ini kita telah mamasuki era milenia dan era digital. Masih banyak pekerjaan yang harus diselesaikan, sesuai  instruksi  Presiden RI SMK harus berprestasi dalam setiap jurusan. Ini sebenarnya merupakan keunggulan SMK itu sendiri bukan malah jumlah siswa yang menjadi target, tapi lulusan yang berkualitas lah yangg harus di utamakan. Selain itu cobalah untuk fokus dalam satu bidang yang menjadi keunggulan dalam bidanng masing-masing kemudian dikembangkan lagi agar nantinya dapat menghasilkan lulusan  yang berkualitas dan bersertifikasi", tegas  Rohidin Mersyah memberikan kata sambutan dan membuka FGD secara simbolis. 

Hadir dalam acara Plt Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, Kasubdit Penyelarasan Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Sarriadi, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Bengkulu Budiman Ismaun, Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Provinsi Bengkulu, Kepala Bank Indonesia Perwakilan Bengkulu Endang Kurnia, 75 Pelaku Dunia Usaha dan Industri se-Provinsi Bengkulu dan Kepala SMK se-Provinsi Bengkulu. (Adv/Ferdi)

 

Sumber: .klikwarta.com

Beri nilai konten ini  
Responsive image