Tindak Lanjut Program Pendidikan Vokasi Link And Match

oleh Apriliyadi 3.322

INDUSTRY.co.id -Jakarta, Pemerintah tengah fokus melakukan reformasi sistem pendidikan di Indonesia dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM).

Salah satu upaya mengakselerasi peningkatan kompetensi SDM industri adalah melakui pelaksanaan program pendidikan dan pelatihan vokasi yang link and matchantara industri dengan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

"Pembangunan industri nasional memerlukan ketersediaan SDM kompeten guna memacu produktitivas dan daya saing," ujar Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto di Jakarta, Rabu (28/3/2018).

Ia menambahkan, saar ini tenaga kerja industri yang dibutuhkan sekarang semakin spesifik. "Oleh karena itu, pendidikan vokasi merupakan program revitalisasi SMK, yang diharapkan menjaring seluruh SMK di Indonesia ke depannya," terangnya.

Airlangga berharap melalui program pendidikan vokasi yang link and matchantara industri dengan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dapat menghasilkan lulusan yang kompeten dan siap kerja sesuai kebutuhan industri.

Sebagai tindak lanjut program pembangunan Link and Match SMK dengan industri program tahun 2018 yaitu training guru ITE singapura 100 orang, formosa technology center 100 orang, pelatihan kompetensi guru 700 orang, magang guru produktif 1000 orang.

"Diharapkan dengan tindak lanjut ini dapat meningkatkan kualitas SDM di Indonesia," tuturnya.

Seperti diketahui, hingga saat ini, Kemenperin telah meluncurkan program vokasi dalam lima tahap meluputi Jawa Timur, Jawa Tengah dan Yogyakarta, Jawa Barat, Sumatera Utara, serta DKI Jakarta dan Banten. Dengan totak industri yang terlibat sebanyak 558 perusahaan dan 1.537 SMK.

Peluncuran program vokasi industri berikutnya, dijadwalkan untuk wilayah Sumatera Bagian Selatan (Jambi, Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Bengkulu, dan Lampung) dengan target 55 industri dan 250 SMK. Selanjutnya, Sulawesi Selatan dengan menggandeng sekitar 55 industri dan 250 SMK.


Sumber: industry.co.id

Beri nilai konten ini  
Responsive image