Pemprov NTB Alokasikan 80 Milyar Untuk Revitalisasi SMK Di NTB

oleh Apriliyadi 488

Mataram (postkotantb.com)- Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)  menjadi perhatian utama pemerintah daerah Provinsi NTB pada tahun ini. Betapa tidak seluruh SMK pada tahun ini akan di revitalisasi. Bahkan pemprov NTB mengalokasikan anggaran sebesar 80 milyar dari Dana Alokasi Khusus (DAK) khusus untuk meningkatkan fasilitas dan sarana penunjang praktek para siswa.

 

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi NTB Suruji menjelaskan pada tahun ini ada perlakuan khusus pada SMK. Treatmen khusus ini sesuai dengan kebijakan untuk meningkatkan mutu lulusan SMK yang siap terjun kedunia usaha ataupun menjadi seorang enterpreuner yang mempunyai skill.

 

Revitalisasi sekolah kejuruan ini segera akan di mulai. Beberapa peralatan penunjang praktek siswa akan di lengkapi. Anggaran sebesar 80 milyar siap di gunakan untuk mendatangkan sejumlah alat praktek. Seperti kapal dan alat tangkap serta pengolahan ikan, dimana semua peralatan ini untuk SMK pelayaran.

 

Selain itu fasilitas penunjang sesuai dengan kejuruan lainnya juga akan di sediakan tentunya pengadaan alat-alat praktek ini di ambil dari anggaran DAK tersebut.

 

Suruji juga menjelaskan pemerintah daerah Provinsi NTB ingin menciptakan lulusan SMK yang mempunyai kemampuan sehingga lebih mudah terserap di dunia industri ataupun dunia usaha. Revitalisasi merupakan langkah awal untuk menunjang peningkatan mutu lulusan SMK.

 

"revitalisasi ini selaras dengan program pusat, kita ingin menciptakan lulusan SMK yang pandai, cakap dan mempunyai kemampuan serta keahlian di bidangnya, sehingga mereka siap terjun kedunia industri," paparnya.

 

Data Dinas Pendidikan Provinsi NTB mencatat jumlah SMK yang ada di NTB mencapai 92 sekolah. Pada tahun ini ada SMK yang akan di rubah statusnya menjadi sekolah umum karena jurusannya sudah tidak memenuhi standar minimal pendidikan. Selain itu lima sekolah umum juga akan di rubah menjadi sekolah kejuruan karena potensi kejuruan lebih memungkinkan.(RZ)

 

Sumber: postkotantb.com

Beri nilai konten ini  
Responsive image