Kemendikbud Luncurkan Program Pembangunan Kebun Buah Tanpa Musim

oleh Apriliyadi 736

BOGOR TENGAH, AYOBOGOR.COM -- Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemebdikbud) Indonesia, Didik Suhardi meluncurkan program Pembangunan Kebun Buah Tanpa Musim untuk revitalisasi sekolah menengah kejuruan (SMK) di Indonesia, Senin (26/2/2018).

Program Kebun Buah Tanpa Musim merupakan kerja sama antara Kemendikbud dengan Seameo Bitrop yang sepenuhnya didanai Kemendikbud. Seameo adalah organisasi internasional yang bertujuan untuk memajukan kerja sama di bidang pendidikan, ilmu pengetahuan, dan kebudayaan di wilayah Asean.

 

“Melalui kegiatan ini saya berharap Seameo Bitrop berperan aktif dalam pembangunan pengetahuan dan teknologi yang mampu membuat tamatan SMK menjadi wirausaha dan pekerja tingkat menengah yang andal dan bersama-sama membangun ekonomi Indonesia,” kata Didik dalam sambutannya.

 

Dukungan yang diberikan Kemendikbud, lanjut Didik, menjadi jembatan dalam transfer ilmu dan teknologi berbasis biologi dari perguruan tinggi atau lembaga penelitian kepada sekolah-sekolah kejuruan khususnya.

 

Sementara itu, Direktur Seameo Bitrop, Irdika Mansur menyampaikan, Pembangunan Kebun Buah Tanpa Musim merupakan salah satu program unggulan organisasi tersebut sesuai dengan rencana pengembangan lima tahunan Seameo Bitrop.

 

Selain menjadikan SMK lebih asri dan indah dengan adanya revitalisasi, program ini juga bertujuan untuk meningkatkan status gizi siswa dan meningkatkan produktivitas dan kewirausahaan para siswa kejuruan.

 

“Ini yang membedakan dengan program-program pengembangan sebelumnya. Namun kita tetap fokus pada biologi tropika, memformulasikan program ke dalam 3 trust. Pengelolaan ekosistem terdegradasi (tambang), ekosistem budidaya, dan ekosistem unik (kawasan konservasi) melalui penelitian, pelatihan, dan publikasi,” ujar Irdika.

 

Editor: Asri Wuni Wulandari

Sumber: ayobogor.com

Beri nilai konten ini  
Responsive image