Kalsel Pacu Lulusan SMK Terserap Dunia Kerja

oleh Apriliyadi 1.095

Banjarhits.id - Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan memberikan prioritas pendidikan vokasi untuk mencetak tenaga terampil siap kerja. Kepala Bidang SMK Dinas Pendidikan Kalsel, Syamsuri, mengatakan pihaknya terus memperbaiki kualitas sarana dan prasarana belajar SMK.

Menurut dia, prioritas pendidikan vokasi mengacu Inpres Nomor 6 Tahun 2016 tentang Revitalisasi SMK. “Kurikulum juga dibenahi. Bahkan melakukan  MoU dengan PLN pada bulan Juli 2017,” ujar Syamsuri kepada Banjarhits.id, Sabtu (17/2).

Kerjasama dengan PLN dilakukan agar SMK yang mempunyai program pendidikan pembangkit listrik bisa magang di perusahaan setruk negara tersebut. Dia mengatakan PT PLN siap menyerap lulusan SMK sebagai pegawai asalkan punya prestasi.

Pada tahap awal program magang, hanya tiga SMK yang sudah menjalin sinergi dengan P PLN, yakni SMKN 5 Banjarmasin, SMKN 2 Banjarbaru, dan SMKN 1 Simpang Empat, Kabupaten Tanah Bumbu. ricin. “Tahun 2019 baru dilanjutkan SMK yang lainnya di beberapa kota/kabupaten,” kata Syamsuri.

Pihaknya menggandeng perusahaan swasta seperti PT Jhonlin Group untuk merekrut lulusan SMK. Perusahaan swasta ini bergerak di bidang pertambangan batubara, cargo, sewa alat berat, perkebunan, pertanian, dan kontraktor umum.

Syamsuri juga mendorong SMK kerjasama dengan perhotelan dan perusahaan peternakan untuk memaksimalkan lulusan terserap industri sesuai kebutuhan. “Upaya menjadikan lulusan 123 SMK se-Kalsel terserap kerja, terus dilakukan. Agar lulusan SMK yang tak melanjutkan kuliah, cepat terserap di dunia kerja,” katanya. (Anang Fadhilah)

Sumber: https://kumparan.com/banjarhits/kalsel-pacu-lulusan-smk-terserap-dunia-kerja

Beri nilai konten ini  
Responsive image