Integrasikan Teknologi untuk Pembelajaran Pertanian

oleh Apriliyadi 992

 

SMK PP Negeri 1 Tegalampel yang fokus pada bidang pertanian terus mengembangkan fasilitas pembelajaran untuk siswa. Salah satunya dengan mengintegrasikan teknologi informasi untuk mendukung proses belajar mengajar.

Penggunaan teknologi informasi itu dilakukan dalam bentuk Video Conference (Vicon), dunia tanpa batas. Hal ini terungkap saat sosialisasi penggunaan vicon dalam pembelajaran bertempat di aula SMK PP Negeri I Tegalampel, Pada Selasa (30/1) kemarin.

Kepala SMK PP Negeri 1 Tegalampel Anik Sudiartini menuturkan, saat ini teknologi adalah salah satu sarana penting utamanya dalam pendidikan. Perkembangan teknologi yang tidak bisa di cegah ini, kita harus pula mengikuti serta mampu menguasainya sehingga, perkembangan teknologi bisa bermanfaat kearah yang positif.

Sekolah ini meski fokus di bidang pertanian, sudah mengalami kemajuan dalam metode pembelajaran. Yakni dengan Vicon Dunia Tanpa Batas dengan Seeameo Seamolec Bangkok yang juga bergerak di bidang pendidikan, pertanian, kebudayaan, SDA, TI dan Bahasa. “Metode pembelajaran tersebut, merupakan program dari Direktort Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (Dit PSMK) Kemendikbud yang diberi nama Program Koordinasi Mutu Melalui Video Conference,” ujar Anik.

Lebih lenjut, Anik sapaan akrab kepala sekolah ini menuturkan, program Vicon berisi materi tentang kurikulum, BOS dan revitalisasi SMK. Sehingga, dengan program ini, mampu sharing dengan Seeameo Seamolec Bangkok yang juga semisi dengan SMK PP.

Lanjutnya, program Vicon ini, tidak hanya di gunakan oleh para guru di SMK PP, ini juga di gunakan oleh para siswa untuk sharing kendala yang di hadapi saat melakukan peraktek utamanya dalam cocok tanam saat mengalami kegagalan dalam panen.

“Sering pula, jika saat tim di sekolah utamanya bagian pengolahan hasil panen biasanya melakukan sharing ide dengan Seeameo Seamolec Bangkok, dan bahkan hasilnya pun kadang di promosikan di dunia maya,” Pungkas Kepala Sekolah.

Tampak ratusan siswa SMK PP Negeri I Tegalampel mengikuti acara tersebut dengan serius, bahkan untuk memperdalam penjelasan yang diberikan juga digelar tanya jawab. [har]

 

Sumber : http://harianbhirawa.com/2018/01/integrasikan-teknologi-untuk-pembelajaran-pertanian/

Beri nilai konten ini  
Responsive image