Wujudkan Mimpi Chairul Tanjung, Trans Retail Mulai Latih SMK- SMK Ritel Se-Indonesia

oleh Yuli Setiawan 275

Walaupun sebagian masyarakat pesimis karena daya beli dianggap turun, tidak demikian halnya dengan Trans Retail dan pengusaha nasional Chairul Tanjung. Gerai-gerai Carrefour dan Trans Mart di 2018 nanti justru akan terus ditambah tiap tahunnya, bahkan ekspansi secara agresif akan dilakukan ke daerah-daerah, dan Asia Tenggara. Di 2017 saja sudah akan dibuka 23 gerai baru di seluruh Indonesia. CT percaya pertumbuhan ekonomi Indonesia ke depan akan makin tinggi seiring terus meningkatnya daya saing dan kemudahan bisnis (ease of doing business) di Indonesia. Dan Trans Retail sekarang juga sedang mempersiapkan jurus-jurus segar menghadapi tantangan bisnis on-line terutama dengan experience shopping, integrasi penjualan off-line dan on-line, sampai konsep ritel 5 in 1.

Untuk mengantisipasi ekspansi Trans Retail yang makin agresif, serta kebutuhan sumberdaya manusianya yang besar, maka CT Corp bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk menghasilkan siswa-siswa SMK yang unggul dan makin siap di dunia kerja. Chairul Tanjung menyatakan bahwa Trans Corp ke depan akan menyerap 7.000 siswa SMK dari 15.000 total tenaga kerja yang dibutuhkan Trans Retail dalam 3 tahun ke depan.

Untuk itu pada Selasa 1 November 2017 kemarin, Trans Retail bekerjasama dengan Direktorat SMK mulai melaksanakan program link and match berupa bimbingan teknis (Bimtek SMK Ritel) untuk magang di Carrefour dan Trans Mart, di Institut Carrefour Indonesia di Cempaka Mas, Jakarta Pusat. Tidak hanya anak-anak SMK, tapi sekarang guru-guru SMK pun bisa mulai belajar dan magang di toko-toko Trans Retail untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan mengajarnya. Acara ini dihadiri pejabat Direktorat SMK Bapak Saryadi MBA, ibu Nanis Setiawati, dan Eko Laksono dari Sub Direktorat Kerjasama Industri, lalu dari korporat Trans Retail ada Ibu Gilang Laksonowati (Head of Human Resources and General Affairs Trans Retail), Ibu Sumarni (Talent Acquisition Specialist Carrefour Head Office), dan Ibu Rosi (Senior Manager Training and People Development), serta 24 orang kepala sekolah SMK dan guru dari Jakarta dan Jawa Timur.

Sebagai salah satu perusahaan terbesar dan terbaik di Indonesia, Trans Retail butuh banyak pekerja-pekerja berkualitas tinggi dan siap kerja. Untuk itu di acara link and match ini diajarkan banyak hal, dari cara prosedur magang di Trans Retail yang bisa diikuti SMK, cara dan sistem kerja, retail process (job-desc), standar pelayanan di Trans Retail (Service DNA), sampai budaya kerjanya. Trans Corp dikenal sebagai salah satu perusahaan yang memiliki corporate values dan corporate culture yang unggul di Indonesia, dimana para pekerjanya yang sebagian besar berusia muda memiliki semangat, skill, dan kreatifitas, yang tinggi. Nilai-nilai unggul ini sekarang akan mulai ditransfer ke siswa-siswa SMK dengan kerjasama yang makin intensif, antara Trans Retail dengan sekolah menengah kejuruan

Beri nilai konten ini  
Responsive image