Pengelolaan Sekolah yang Baik sebagai Pendukung Program Revitalisasi SMK

oleh Desy Gita 1.932

Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Gelumbang Muara Enim Sumatera Selatan merupakan 1 dari 219 SMK di Indonesia yang melaksanakan program revitalisasi SMK berdasarkan Inpres Nomor 9 Tahun 2016. Program revitalisasi SMK merupakan amanah nawacita dan Sustainable Development Goals (SDGs) dalam rangka pemenuhan 58 juta orang tenaga kerja terampil pada 2030.

SMKN 1 Gelumbang memiliki fokus revitalisasi di bidang Agribisnis dan Agroteknologi, yang juga merupakan salah satu bidang prioritas pembangunan Indonesia. Dalam kegiatan pendampingan di SMKN 1 Gelumbang  yang dilaksanakan pada tanggal 21-25 Agustus 2017, Dr. Sarwa, MT selaku pendamping dari Universitas Negeri Medan mengatakan bahwa "Infrastruktur, sarana dan prasarana di SMKN 1 Gelumbang sudah cukup lengkap, yang diperlukan kemudian adalah tenaga operasional dan perawatan sekolah yang ulet dan suka bekerja di lapangan."

Bapak Sarwa juga menambahkan, "Untuk pekerjaan teknis seperti mengelola 33,1 hektar area (fisik sekolah, asrama, rumah-rumah dinas, workshop, kandang, dan lahan kebun aneka komoditas) menurut wakil sarana dirasa masih kerepotan". Hal tersebut ditanggapi oleh Ir. Nur Widyani, MM selaku Kasubdit Peserta Didik Direktorat Pembinaan SMK yang mengatakan bahwa "Pekerjaan yang memang tidak mudah bagi kepala sekolah untuk mengeloa lahan yang sedemikian luas. Sehingga dibutuhkan manajemen siswa, guru dan masyarakat sekitar untuk bekerjasama agar menjadi lebih ringan. Selain itu perluasan mitra kerja pembelajaran di SMK serta menjalin relasi yang baik dengan masyarakat juga akan memperluas cakrawala ilmu dan pengalaman lapangan bagi sekolah terkait."

SMKN 1 Gelumbang sudah seharusnya termotivasi untuk terus melakukan dan meningkatkan pengelolaan sekolah yang lebih baik sebagai komponen pendukung program Revitalisasi SMK baik di sekolah maupun di provinsi Sumatera Selatan.


Editor: Lia Amalia

Beri nilai konten ini  
Responsive image