SMKN 3 Sibolga, 1 dari 125 SMK yang Direvitalisasi

oleh Apriliyadi 629

NewTapanuli.com, SIBOLGA – Dari 125 SMK se-Indonesia yang direvitalisasi pada tahun 2017 fokus pada bidang maritim/kelautan, pariwisata, pertanian dan industri kreatif, SMKN 3 Sibolga termasuk salah satu di dalamnya.

Revitalisasi itu dilakukan guna menyiapkan lulusan yang benar-benar memiliki keahlian untuk modal berkompetisi. Pendamping revitalisasi SMK Dr Riyadi ST MT yang hadir memberikan pemaparan dan akan melakukan pendampingan di SMKN 3 Sibolga, Senin (4/9) menjelaskan bahwa sesuai Inpres No 9 tahun 2016, SMKNgeri 3 Sibolga termasuk ke dalam 125 SMK yang masuk dalam program revitalisasi SMK yang dicetuskan kemendikbud.

“Program ini diharapkan mampu meningkatkan kompetensi pendidik kejuruan dan meningkatkan sertifikasi lulusan agar semakin kompetitif di pasar internasional,” kata Riyadi dalam kegiatan workshop pendampingan revitalisasi SMK 2017 di SMKN 3 Sibolga di Jalan Tukka, Sibuluan Raya.

Riyadi menuturkan, untuk Sumatera Utara, SMK yang mengikuti program revitalisasi hanya ada 3 dan salah satunya SMKN 3 Sibolga.

Dikatakan, tujuan revitalisasi itu juga agar setelah lulusnya nanti, siswa/i SMK dapat bekerja sesuai jurusan masing-masing.

“Ya, agar anak kita setelah lulus bisa bekerja sesuai jurusan mereka. Karena banyak siswa SMK saat PKL malah hanya disuruh sana-sini. Seperti mekanik, tidak pernah pegang kunci dan motor, kan tidak baik,” ucapnya.

Elfrida Sinaga mewakili KUPTD Sibolga juga mengapresiasi atas terpilihnya SMKN 3 Sibolga dalam revitalisasi SMK dari ribuan SMK yang ada di Indonesia.

“Sekolah ini mendapat revitalisasi ini sangat fantastis. Saya mengucapkan terima kasih kepada bapak-ibu guru, terutama kepada Pak Awaliul, semoga proses pendampingan ini berjalan lancar,” katanya.

Hal senada diungkapkan Wakil Ketua Komite SMKN 3 Sibolga Gusfan Siregar. Dia merasa bangga atas terpilihnya sekolah tersebut untuk direvitalisasi.

“Kami selaku orangtua siswa merasa bangga, dimana sekolah kami ini terpilih untuk direvitalisasi dari beberapa sekolah yang ada di Indonesia ini,” ucapnya.

Sementara, Kepala SMKN 3 Sibolga Drs Awaliul Ramdani menuturkan bahwa revitalisasi SMK sesuai Inpres No 9 tahun 2016 di bidang maritim/kelautan, pariwisata, pertanian dan industri kreatif, SMKN 3 Sibolga termasuk di dalamnya karena memiliki bidang studi keahlian Kemaritiman dengan program studi Keahlian Pelayaran Kapal Perikanan dan Perikanan.

“Revitalisasi ini untuk lebih memvitalkan jurusan yang sudah ada, salah satunya yang ada pada kita yaitu Kemaritiman. Jadi, kita bersyukur jurusan ini sudah ada MoU dengan 14 kementerian,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Awaliul juga berharap, dalam waktu dekat pihaknya dapat merasakan hasil dari program revitalisasi tersebut.

“Mudah-mudahan tiga tahun ke depan kita sudah bisa mendapatkan hasil dari perjuangan ini,” harapnya sembari menuturkan pendampingan revitalisasi SMK 2017 itu berlangsung sejak 4-8 September nanti.

Pantauan New Tapanuli, workshop pendampingan revitalisasi SMK 2017 itu berjalan lancar. Tampak seluruh guru SMKN 3 Sibolga mengikuti acara hingga usai. (dh/ara)

 

sumber: newtapanuli.com

Beri nilai konten ini  
Responsive image